PROGRAM DAN TUJUAN PELATIHAN

Kami mendapat suatu kehormatan ketika anda memutuskan untuk bergabung dan mempecayakan pelaksanaan kegiatan anda kepada kami.

Dalam kesempatan ini kami merasa perlu memberikan gambaran secara umum bentuk program dan tujuan pelatihan dapat dikategorikan ke dalam:

  • ACHIEVEMENT MOTIVATION,adalah program yang bertujuan meningkatkan kemampuan sikap individual,seperti komitment,mtivasi dan percaya diri,serta kemampuan dalam rangka memenuhi kebutuhan berprestasi (Need for Achievement).
  • TEAM BUILDING/SKILL,adalah program peningkatan kerja kelompok melalui peningkatan kualitas hubungan antar manusia di dalam kelompok,dimana peserta sehari-hari bekerja dalam sebuah tim atau bukan dari kelompok kerja.
  • LEADERSHIP,adalah program peningkatan kemampuan bagi seorang yang berada pada posisi supervisor, manager maupun top manager. Hal ini pada kenyataannya menjadi penting karena seseorang tidak akan dapat me-manage tanpa ada kemampuan memimpin (Leadership Skill).
  • ASSESSMENT PROGRAM,adalah program yang disusun berdasarkan kebutuhan organisasi untuk melihat bagaimana kemampuan management seorang karyawan dibandingkan dengan kemampuan yang dibutuhkan untuk berhasil dalam bidang pekerjaannya.

BENTUK KEGIATAN

  • SIMULASI PERMAINAN, berupa kegiatan permainan yang dirancang dengan aturan-aturannya,dapat memberikan stimulus yang mendekati kenyataan sehari-hari. Dari sini dapat dilihat respon yang muncul dan kemudian digunakan sebagai ‘alat’ evaluasi diri.
  • AKTIVITAS NYATA, berupa kegiatan yang pada kenyataannya memang harus dilakukan seperti: games orienteering/navigasi adalah kegiatan nyata yang memunculkan reaksi-reaksi spontan. Kegiatan nyata tidak fokus pada objective,dalam hal ini tidak luput dari perhatian dan mendapatkan ‘pembahasan’ yang memadai, karena aktivitas nyata ini spontan dan alamiah.
  • RANGKAIAN PEMECAHAN MASALAH,berupa kegiatan yang memaksa peserta mengeluarkan seluruh kemampuannya untuk memecahkan masalah-masalah. Dari sini akan muncul sikap dasar seseorang dalam menghadapi masalah dan proses pemecahan masalah.
  • DISKUSI KELOMPOK, merupakan bagian penting dalam proses pembelajaran adalah ‘sharing experience’ untuk menambahkan pengalaman-pengalaman orang lain pada pengalaman otentik diri sendiri. Dengan berbagi pengalaman seperti ini diharapkan muncul nilai-nilai umum yang berlaku
  • FEEDBACK & ACTION PLAN, khusus untuk program belajar orang dewasa, umpan balik dapat dilakukan secara terbuka ataupun tertutup,  ditentukan menurut kondisi peserta dan tujuan-tujuan yang hendak dicapai. Bagi corporate, langkah berikutnya adalah dengan memberikan dukungan untuk perubahan atau pengembangan diri yang diinginkan dan membantu memonitor tahap-tahap perkembangannya.

SAFETY KEGIATAN

Bagi kami yang utama adalah safety karena ini adalah tindakan penting untuk menjaga suasana pelatihan agar aman dan nyaman bagi peserta untuk belajar.

Terdapat dua hal penting mengenai safety:

  1. 1. PHYSICAL SAFETY

Tidak ada yang sanggup mengeliminasi resiko sekecil mungkin. Pelatihan dengan     media alam terbuka (outdoor based) memiliki resiko pada peserta dan kami selalu mengutamakan keselamatan peserta dalam setiap setting aktivitas pelatihan dengan cara menggunakan dan peralatan yang teruji secara internasional

  1. 2. PSYCHOLOGICAL SAFETY

Faktor penting yang sering terlupakan adalah keselamatan secara psikologis. Untuk itu kami menyusun dan mendorong disepakatinya ‘aturan main’untuk tidak menimbulkan ‘sakit hati’peserta yang disebabkan oleh tindakan atau perkataan dari sesama peserta maupun fasilitator. Dengan suasana seperti itu, dimana tidak ada satupun orang yang takut salah, takut dicemooh,takut dikomentari, maka suasana pelatihan menjadi kondusif untuk seluruh peserta.